Sabtu, 12 November 2016

mencegah pencemaran air

mencegah pencemaran air






1. Gunakan air dengan baik, kurangi pemborosan air, gunakanlah dalam hal-hal memang sangat perlu

2. Kurangi dalam pemakaian detergen, pilihlah detergen yang ramah terhadap lingkungan dan dapat terurai dengan cepat.

3. Kurangi pemakaian bahan-bahan kimia seperti pestitida, obat nyamuk cair merupakan penyebab rusaknya ekosistem air

4. Janganlah membuah sampah rumah tangga ke sungai ataupun danau.

Kelola sampah dengan baik atau bisa sahabat daur ulang. Tanamkan dalam diri sahabat akan kesadaran dalam kelangsungan ketersediannya air dengan tidak merusak sumber mata air yang ada.
Beberapa langkah diatas adalah cara mengatasi pencemaran air yang dapat dilakukan secara sederhana, sebenarnya jika kita mau dan menyadari akan hal tersebut membuat sumber-sumber air dapat tidak tercemar, pencemaran air yang terjadi disekeliling kita juga terjadi dikarenakan pencemaran lingkungan seperti pencemaran air, tanah, udara yang berasal dari sisa-sisa prabri-pabrik.

Penyebab dari pencemaran air

Pemanasan bumi adalah salah satu kondisi yang saat ini sedang diwaspadai, pencemaran air yang terjadi bisa terjadi akibat berbagai faktor penyebab seperti sampah-sampah yang dihasilan tangan-tangan manusia, limbah-limbah pabrik yang dibuang ke dalam suangai maupun laut, berbagai kegiatan manusia tersebut dapat mengakibat pencemaran terjadi, untuk itu dalam menemukan jalan keluar dalam mengatasi permasalah tersebut semua pihak-pihak harus menemukan jalan keluar yang efektif.

Cara mengatasi pencemaran air

Seperti uraian diatas kita harus mencari jalan keluar yang efektif hal tersebut dapat membantu kehidupan yang lebih baik dan tentunya nyaman. Dan begitu pula dalam agar ekosisstem alam agar selalu terjaga.

Adapun cara mengatasi pencemaran air yang efektif yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut

1. Mempertahankan sumber-sumber air yang higienis dari pencemaran.

2. Menanam tanaman-tanaman contohnya kayu yang berkayu tebal

3. Kesadaran untuk tidak membuang sampah kedalam sungai.
Cara-cara untuk mengatasi pencemaran air seperti diatas banyak disosiasikan dalam seluruh kalangan,akan tetapi belum dihargai secara optimal.

Pencemaran air terjadi karena banyak para masyarakat yang membuang sampah ke dalam sungai, oleh sebab itu sampah akan menumpuk dibantaran kali dan ketika hujan turun air sungai tidak dapat mengalir dengan lancar dan air sungai akan mengendap dan mengakibatkan banjir, untuk itu dalam membuat sampah tidak terlalu menumpuk dilingkungan ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti:

1. Mendaur ulang semua sampah

2. Penyuluahan kepada industri terhadap pembuangan limbah

3. Penyuluahan bagi pengguna transpot laut, agar tidak membuang sampah di laut

4. Pemerintah harusnya membuat peraturan tegas kepada pabrik pebungan limbah beracun

5. Peratutan tegas kepada para prik minyak

Beberapa cara mengatasi pencemaran air tersebut sebaiknya dilakukan dengan konsisten dan berkelanjutan. Dikarenakan saat ini pencemaran air telah terjadi di tanah air tercinta kita.

Demikianlah pembahasan tentang “Cara Mengatasi Pencemaran Air”, semoga tulisan dalam Artikel ini dapat memberikan tekat kepada para sahabat agar selalu menjaga lingkungan. 


EmoticonEmoticon